FAQ cenah, supaya gak terlalu misterius

So people on ask.fm had been asking me untuk buat 20 facts, FAQ, dan lain sebagainya. But the thing is gue emang males banget buat kaya gituan, prinsip gue sih
“What’s on the internet stays on internet”
begitu juga dengan hidup personal gue. Nah gue tanya deh kalian kalo buat social media pasti ngepost yang bagus-bagus aja kan ya? Yep because that’s the image that you want to show di dunia maya. Buat gue internet dan dunia maya itu paralel so that there are some of “fun facts” tentang gue yang gak pengen diumbar-umbar atau mungkin gue hanya bukan orang yang seperti itu aja, ngumbar segala macem di internet. Tapi yasudah lah mari kita buat
1. Kak nama aslinya siapa?
Nama asli gue Aliya  tapi untuk beberapa hal gue lebih suka dipanggil Ayila. Kenapa? Stagename kak? Nggak, karena Aliya dan Ayila itu menurut gue berbeda. Kalian tau Jared Leto dan Bart Cubbins? Mereka orang yang sama kan, tapi Jared selalu set up Bart itu orang berbeda ya karena dari kepribadian juga udah beda. Buat gue Aliya adalah anak yang menyebalkan di kampus, goal oriented, selalu dapat nilai bagus, selalu bertanya sesuatu yang susah dijawab, Aliya punya kehidupan sebagai provokator, terlebih di dunia politik. Semua orang takut sama dia.
Bagaimana dengan Ayila, she’s the right brained one. Dia yang suka banyak jenis musik, creative thinker, walaupun terkadang kerja sama dia sungguh melelahkan. Ayila adalah orang yang kamu liat di ask.fm dan segala sosial media lainnya.
Secara singkat, Aliya adalah nama yang ada di jurnal ilmiah dan koran The Jakarta Post, yang selalu suka dengan fisika (dan mungkin sekarag politik, kebijakan, dan ekonomi) sementara Ayila adalah nama yang ada di balik semua karya, film, puisi, dan segala bentuk seni lainnya yang kalian bisa sebut satu-satu. Sadar atau nggak ‘Ayila’ adalah kebalikan dari ‘Aliya’.
2. Kak umurnya berapa? Masa lahir tahun 2000 udah kuliah?
Hmm ah, percaya aja masa gue kaya gini lahir taun dua ribu??? Yang pasti gue sudah cukup dewasa untuk memilih pertanyaan untuk dijawab di ask.fm dan legal kalau mau beli rokok dan alkohol.
3. Keturunan cina?
Nggak tau. Kalo mata gue kecil emang fix cina? Gue gak pernah cek DNA sampe nenek moyang gue. Kali aja yah, tapi kan kalo gitu kita semua kan berasal dari nenek moyang di Indo-China? My mom is a Sundanese, My dad is a Maduranese and possibility of being Sunda-Bali (50%?). Gue besar di Jabodetabek begitu pula dengan keluarga besar gue, jadi kalo ketemu gue pasti ‘Njing, ngomongnya Betawi abis”. Yes, gue pake gue-elo di rumah sama bokap, nyokap, dan kakek gue yang dari bokap.
4. Kak bisa berapa bahasa?
Yang gue mau bilang lancar itu cuman empat; Inggris, Indonesia, Sunda, dan Perancis. Gue bisa baca Korea dan Jepang tapi kosa kata gue masih sedikit. Sisanya, bahasa serumpun gue bisa karena punya basis yang sama dengan keempat bahasa yang gue kuasai, seperti Spanyol, Portugis, Italia, dan Malay.
5. Les bahasa?
Nggak, belajar sendiri. Ada banyak aplikasi yang mendukung lo bisa bahasa baru. Les mahal, kasian mama papa.
6. Kak kuliah dimana? Jurusan apa?
Menurut gue stereotip akan keluar ketika gue menyebut suatu lembaga yang mengikat dengan gue. “Oh lo anak ITB? PInter dong?” terus mulai ada pertanyaan tentang bagaimana masuk ITB, seleksi masuk, jurusan yang ada di ITB yah pertanyaan yang sebenernya kamu bisa nemu di website ITB nya sendiri kalo kamu cari. “Oh lo anak Unpar? Tajir dong? Di unpar cewenya cantik-cantik ya?” Semua kampus sama aja, pasti ada yang tajir dan ada yang cantik. Gue menghindari pertanyaan seputar kampus yang sebenernya itu sangat subjektif. Menurut gue soal Simak UI gampang, menurut anak UI lain? Menurut gue soal SBMPTN IPS itu susah, menurut temen gue?
7. Kak ko gendut??
Beauty comes in every size kata temen gue Suman dan lagi pula kamu mau kurus sampe gimana kalo emang badan kamu kaya gitu. Gue altet renang, hoki, dan diving. Badan gue kotak. Yep Kotak, i have small boobs and flat ass makanya gue gak bisa duduk lama-lama. Sebenernya bukan gendut, cuman ototan, dan satu satunya olah raga yang gue lakuin sekarang adalah lari which means…. ya jadi daging lembek lagi gak keras, ngerti gak? Gue keluar dari pelatnas karena gak mau badan gue jadi aneh gitu loh kaya atet pensiun. Gue juga gak tinggi-tinggi amat, tapi emang iya gue masih bisa kurus lebih dari ini. Cuman gak ada niat aja mau ngurusin, buat apa juga? Gue ingin orang melihat gue karena gue pinter dan punya karya, bukan karena gue cantik, kurus, atau lainnya karena badan lo kalo mati di makan cacing, kalo gue pinter gue bisa memberi ilmu dan sampe abad 4232 juga bisa kepake kali, makanya yah. HARUS PINTER GUYS, kalo bisa sih cantik juga. Jangan cantik banget tapi IP nya satu koma.
8. Kak lesbi? Pernah pacaran sama cewe?
Tidak lesbian, gue suka sama semua orang yang memikat intellectually. Apakah konsep sapiosexual beneran ya gue nggak tau, tapi kalo lo pinter, ya gue suka.  Pernah pacaran sama cewe? Pacaran nggak, tapi gue punya 3 temen yang dibilang sama orang lain lesbian friends gue abis, yang satu emang ngeceng gue, yang satu sahabat lama gue yang yah gitu deh, dan satu lagi iya Haruka. Tapi nggak, kita masing-masing memiliki kecengan cowo dan hasrat seksual kepada lawan jenis. Apa gue kontra dengan homoseksual? Nggak, bukan urusan gue, lo mo jadi homo apa hubungannya dengan gue? Kecuali kalo lo ngeceng gue dan lebay banget sampe yah gitu deh cinta mati lebay, nah itu baru urusan gue. You just like them, itu menarik perhatian lo.
9. Kakak agamanya apa?
Sekarang gue sedang belajar Katolik, cukup menyebalkan dan ribet ya. Sepertinya gue tidak akan menjadi seorang katolik. Gue merasa agama itu harus elo yang tentuin. Kalo lo nanya orang “Kenapa lo jadi atheis” gue bisa tanya balik ke elo “kenapa lo punya agama? karena bonyok lo agamanya itu terus lo harus ikut juga?”, gue punya empat sahabat. Keempatnya memilih kepercayaan mereka, ada yang atheis, ada yang agnostik, ada yang islam, bahkan ada yang kristen. Mereka memilih kepercayaan mereka karena mereka mencari kebenaran dan membuktikan apa yang mereka percaya adalah benar, bukan hanya omongan Udztad ato Pastor di gereja tiap misa. Tetapi gue sudah memiliki kepercayaan gue sendiri, dan itu urusan gue dengan tuhan. Cukup kita jadi manusia yang berbuat baik terhadap sesama.
10. Tipe kepribadiannya INTJ?
Gak tau ah, udah gak ngerti lagi beginian. Ya aing mah aing we kumaha. Gue research beginian cuman waktu gue krisis jati diri aja, gue mempertanyakan siapa gue dan kegunaan gue di dunia tuh untuk apa. Ya sebenernya cuman buat sugest aja sih bukan buat kaya ‘Oh anjir gue tuh emang bener banget gini orannya!!!”
11. Kerja? Dimana? Gajinya berapa?
Dulu pernah volunteer di Natgeo karena bokap kerja disana dan pernah jadi bagian creative di Kompas Jawa Barat. Sekarang lagi freelance dan lagi mendapat banyak sekali proyek dengan studio baru gue. Gajinya langsnug di beliin kamera atau properti kaya gitu lainnya. Saat ini (2015) gue memiliki 2 pekerjaan; konseptor acara musik di Bandung dibawah organizer yang cukup terkenal dan asisten terpaksa-harus-serba-bisa di production house yang didirikan tahun 2012 silam. Pertengahan 2015 gue diterima bekerja di ROI Media, salah satu webzine hereuy basis Bandung. Awal tahun 2016 gue mulai bekerja dibidang yang cukup serius sebagai copywriter.
12. Gimana cara daftar kerja? Ko bisa masih muda udah kerja?
Link. Perbanyak teman kamu dan cari hobi yang bisa drag kamu ke dunia yang kamu mau. Lalu perbanyak portofolio ketika apply kamu gak sibuk sendiri. Tapi yang paling bener itu buat di notice senpai dengan perluas link pertemanan kamu. Jangan pilih pilih temen, temenan sama semuanya. Tapi jangan semua dijadiin temen deket. Kelompokan temanmu dan pilih bagaimana kamu berinteraksi dengan mereka.
13. Kenapa suka Jongin? Pernah mikir buat unstan?
ya gak tau kayanya dia pake pelet. unstan? Belum tuh, mungkin suatu hari nanti, karena dia jadi ayah dari anak-anak ku. Ketertarikan gue untuk mengikuti perkembangan dunia kpop mungkin sudah sangat berkurang, tapi gue rasa untuk Jongin gue masih punya rasa mengagumi dan sayang sama dia. Mungkin gue kena pelet.
14. Traveling udah kemana aja? Suka-dukanya apa? Destinasi oke apa ya? Kenapa kalo pergi suka gak bilang bilang?
Huft, oke. I travelled a lot when i was young karena kerjaan bokap gue dan kakek gue. Kemana aja? Ya buat apa pamer? Suka duka travelling itu banyak coba ya kalo nanya lebih spesifik, gue bukan tipe orang yang membahas hal terlalu besar, karena gue tau banyak jadi gue bingung yang mau dikasih tau apa. Destinasi oke itu banyak banget, kamu mau kemana, dan kalo nanya gue plis spesifik misalnya: Pantai di Sukabumi, Wisata keluarga di Gold Coast. Boleh sekali kali nanya kaya gitu, tapi kalian tahu google punya narasumber yang lebih banyak dan berpengalaman ketimbang gue. Tapi kalo kalian suka cara gue nulis ya itu beda cerita. Nunggu aja kapan gue mood nulis.
15. Niat bikin buku al? Gue suka ff lo
Ya kali gue publish ff, atuh ah. Lagipula gue anaknya mood mood-an dan gak konsisten. Gue pernah nyoba nulis cerita dan ketika mood gue beda ya gaya bahasa gue juga beda. Untuk menulis sebuah buku perlu dedikasi tinggi dan gue belum punya itu. Kalau mau baca bisa cek Ibradien, isinya tulisan gue dan Haruka.
16. Kenapa gak pernah post foto mukanya?
Apa sih, kalo mau liat gue ketemuan dong. Aku bukan banci kamera dengan filter banyak.
17. Kenapa pinter amat?
Karena belajar. Kalo temen gue baca ini pasti diketawain. Kata temen gue sih gue saking pinternya jadi bego.
18. Bagi snapchat? Ig? Id line?
Buat apa? Kalo ig sih PBYAYL mangga di follow, tapi jarang post juga da males. snapchat dan line? aduh itu pribadi sayang, gue post sesuatu yang gak pengen orang banyak liat. Gak apa apa bukan?
19. Kak aku mau ke Bandung, bisa minta rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi gak? 
Berikut gue cantumkan link ask.fm yang menjawab soal kafe, distro, concept store, taman, dan segala macam yang berhubungan tentang Bandung dan pariwisatanya

Tuh kan banyak banget dan menurut gue udah cukup lengkap, jadi kalau mau nanya soal Bandung coba ya diluar hal-hal diatas.

20. Download lagu gratis dimana?

Dari berbagai genre bule / korea

kickass.to, mp3crank /mp3boo, k2nblog, piratebay. Kalau lagunya cukup mainstream dan gue suka akan DIBELI DI ITUNES. Kalau untuk artis indonesia, karena gue kerja di industri musik lokal dan kebanyakan temen gue adalah pentolan band maka gue dapet dari press release mereka atau merekanya sendiri. Kadang di radio tempat gue gawe suka dikasih juga. Wow, plis jangan sering-sering membajak, kasian artisnya udah capek recording. Kalau bisa beli CD nya juga ya, terlebih artis lokal. Ayo dukung musik lokal!

21. Minta rekomendasi band indie

Banyak dan akan terus bertambah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: