19 Years Of Thank God I’m Not Just Wasting Oxygen

Sebagaimana gue tulis di bio ask.fm, banyak banget yang kaget umur gue yang sebelumnya. Yes, actually i am not comfortable on saying my age before, karena banyak banget yang manggil gue ‘kak’ berasa gue lebih tua dari mereka padahal gue cuman beda berapa taun lebih muda ketimbang mereka. Yes, i just had my 19th birthday on 7 March. Yey!

Setelah banyak yang tau umur gue, banyak banget yang bilang
“Al gue juga 19 taun tapi setelah baca ask.fm lo gue cuman butiran debu”
“Al, lo 19 taun dan udah ngeraih banyak banget sih gue yang udah kepala dua jadi malu”
“Wah, gue selama ini manggil lo kak soalnya gue pikir lo lebih tua dari gue, ternyata gue jauh lebih tua ya. Ko gue merasa gagal idup kalo baca ask.fm lo”
HA… Kok agak lebay ya semuanya. Gini ya, apa yang kalian liat di ask.fm itu cuman bagian enak-enakannya aja dari ’19 tahun dan sukses bikin orang iri’. Di tahun” sebelumnya gue juga pernah ngerasain naik turun tapi ya buat apa gue umbar dear diary, hari ini gue gagal audisi, hari ini film gue gagal di pasaran. Nggak kan. So about this 19 years of thank god i’m not just wasting oxygen thingy gue akan memberikan basic explanation tentang hidup gue. Supaya jadi pelajaran juga buat yang baca dan hopefully gak berenti dan merasa idupnya gak berguna karena ngeliat orang yang seumuran atau lebih muda udah ‘berhasil’ duluan.
1. Kamu 19 tahun? Kenapa kaya dewasa banget, kaya udah 20 sekian, aku yang udah kepala dua masih suka mikir kekanak-kanakan jadi malu sendiri
Gini, ada orang bilang age is just number bukan? Yeah sepertinya memang begitu, manusia normal seharusnya punya sistem dimana bertambahnya umur maka kedewasaannya juga bertambah. Tapi hal itu kan juga dipengaruhi oleh bagaimana lingkungan mereka tinggal, bagaimana kedua orang tua mereka mendidik mereka, dan bagaimana mereka menghadapi diri mereka sendiri pada jaman krisis identitas (smp-sma). Gue merasa udah nyobain naik turunnya dunia. Ketika jaman krisis identitas gue nulis di buku puisi gue (iya gue punya satu buku isinya puisi buatan gue semua) bunyinya gini
Bawa aku terbang melayang setinggi-tingginya lalu hempaskan aku sampai aku jatuh sedalam-dalamnya sehingga aku mengerti arti sebuah pengorbanan
gue nulis itu smp, just a random thought. Pas SMA gue ngalamin banyak banget penolakan, baik dari mimpi gue sebagai sutradara, sebagai presiden unit, dan lain sebagainya. Kadang lo gak bisa lari terus, lo harus hadepin masalah tersebut, hadapin kegagalan itu supaya kamu tau rasanya gagal dan mencoba untuk tidak berada disana lagi karena kamu tau itu gak enak. Kamu jadi punya pemikiran lebih luas, memutar otak kamu, dan membiasakan diri kamu ketika berhadapan dengan masalah yang mirip di masa depan. Challenge yourself dan mulailah untuk menghadapi masalah kamu. Jangan lari. Selain itu gue juga diajarin sama orang tua gue untuk menjadi orang yang tahan banting karena emang gue harus survive sendirian, gue di design untuk bisa segala dan independen. Tapi hasilnya jadi overly independent kaya sekarang, hiks.
2. Aku suka sedih liat aku sendiri yang seumur sama kamu tapi liat kamu yang udah kaya gini, tau banyak dan berpengalaman
Kesempatan itu gak dateng dua kali. Bukan berarti gue selalu berhasil menangkap kesempatan itu. Banyak kok kesempatan yang gue buang sia-sia dan hal itu baru gue sesali ketika kesempatan itu udah lewat. Banyak banget penyesalan tapi seharusnya dari situ gue memacu diri gue sendiri untuk cari kesempatan lainnya. Kalo orang bilang banyak ikan di laut terus kamu bilang “ko gue gak dapet dapet” mungkin kamu harus ganti laut ato ganti kail. Ikutin intuisi lo tanpa mengabaikan logika lo. Kesempatan bagus itu gak dateng dua kali tapi bukan berarti tiap kesempatan itu dateng kamu harus selalu ambil. Lama kelamaan kamu akan sadar bahwa gak semua kesempatan harus kamu ambil bahkan ada satu waktu kamu lega gak ngambil kesempatan itu.
Everything starts from little step, langkah kecil. Gue jadi kaya gini juga bukan langsung kerja dan bisa nonton konser segala macem dengan mudah, Dulu gue harus mengeluarkan kocek 550 buat nonton di VVIP supaya dapet di dalem barikade, gue harus struggle dengan disikut kiri kanan untuk dapet foto bagus karena gue gak punya media press. Tapi dengan street work kaya gitu gue jadi bisa kerja di segala kondisi. Gue tidak bergantung dengan “anjing ini orang sebelah gue joget joget gue jadi gak bisa dapet foto bagus” ato “anjing jauh banget sih kenapa gue gak bisa dapet media press aja supaya pake tele udah zoom di mukanya”. Justru dari kekurangan itu lo harus belajar gimana dapet shot ketika kiri kanan lo hype dengan dentuman musik, gimana caranya lo dapet foto bagus saat lo jauh dari stage, ketika lo paham triknya ya lo gak bakalan masalahin situasi kondisi lo (kecuali orang yang pake payung dan fucking tongsis). Asal jangan nyusahin orang lain dan pengen untung sendiri kaya kebanyakan fansite unnie <-gak nyindir kok.
Gue mulai dateng ke konser-konser temen gue, jadi bagian groupie mereka. Ketika band mereka gede lo bisa dapet ‘pass’ karena lo kenal mereka. Disini peran link itu perlu. Lo jangan musuhan sama temen lo, kali aja dia jadi artis HAHAHA. Dari sering dateng ke gig gitu lo pasti ketemu sama muka familiar, sama orang familiar dengan jabatan yang wow. Nah orang akan mulai kenal juga muka lo. Yang penting frekuensi lo aja nongol. Sebenernya disini gue bersyukur gue tinggal di Bandung, karena banyak banget gig murah (0-100k doang dengan banyak artis). Selain itu aktif juga di unit kampus atau sekolah, introvent itu bukan alasan gak mau aktif ya. Kesel gue “kak aku introvert tapi pengen kaya kaka gimana” THAT GOT NOTHING TO DO WITH INTRO OR EXTROVERT!!!
Yang pasti coba cari kesempatan sebanyak banyaknya lalu cobain aja, belum tentu sukses juga. Gak papa, kegagalan itu bagus tau. Lo jadi bisa belajar dan sekalinya lo berhasil mengatasi kegagalan itu lo akan menambah skill problem solving lo yang akan bawa lo ke level yang lebih tinggi.
3.Gue iri banget sama lo, umur 19 udah capai banyak banget sih
Emang gue gak iri sama anak 19 tahun lain yang lebih sukses? Bahkan apa coba kriteria suksesnya gue? Gini ya, pasti semua orang akan melihat keatas. Gue mikir, anjir Minzy umur 19 tahun udah konser keliling asia, Justin Bieber udah ngeluarin album banyak, Kylie udah jadi model, atau gausah jauh-jauh deh, kalo gue liatin facebook gue bisa liat temen-temen gue yang sekolah di luar negeri, beasiswa, afs, menang lomba ini itu. Emang gue gak iri? Menurut gue seharusnya kita jangan cuman liat keatas tapi kita juga liat diri kita. Setiap dari orang udah punya rejekinya masing-masing, tinggal kalian mau ngejarnya apa nggak. Mau berusaha apa mau terus liatin facebook temen-temen lo yang udah sukses, mau liatin ask.fm gue apa anak ask.fm lainnya yang lo angap suskses? Kalo dengan kaya gitu gue udah terkenal kali sampe Mars. Tapi kan nggak, kalau di fisika itu rumus usaha itu
W= F.s (usaha = gaya x jarak)
kalo lo gak mau maju untuk lebih baik, kalo lo gak mau bergerak tandanya jarak lo gada usaha lo = 0, kalo jarak lo cuman 1 ya tandanya lo cuman gagayaan doang. Cuman gaya lo aja yang lo gedein, gada karya. Semakin jauh langkah lo ya makin deket sama mimpi lo. If you dream big prepare to walk far, prepare your best shoes supaya gak blisters nantinya.
Jangan terus melihat yang lain bisa apa, liat juga lo bisa apa sih. Pasti suatu saat nanti lo akan hit mark lo dimana “nyet gue ga bisa gini terus”, kecepatan lo menemukan mark itu ya bergantung dari kemauan lo, bergantung dari usaha lo. Iya gak?
Nah jadi mulai sekarang udah tau kan kalian musti ngapain? Go go go! Kali aja selagi kalian baca blog post ini dua kesempatan ilang. Hayo looh mo gimana tuh.
image: https://www.bloglovin.com/blogs/coast-pine-13236891/photo-3825825639
One Comment

Add yours →

  1. Makasih udah nulis ini 🙂
    somehow it feels like I talk to you in person when I read ur writing

    Like

Leave a Reply

