Way Of Travel

Banyak banget question lama gue yang nanyain gimana cara gue traveling, pake apa, nginep dimana, dan negara apa yang gue udah pernah datengin. Banyak baget dari ask.fm dan ig user  foto-foto saik di tempat wisata atau cerita pengalaman pait dan seneng selama disana. Nah sekarang gue akan cerita gimana gue traveling (kan biasanya gak pernah). So let’s make some list.

1. Lo udah pernah kemana aja?
My first flight was when i was 5, moving to London. Most of Europe is pretty reachable from each country. Kamu bisa ke semua negara EU kalau udah punya visa Schengen (kecuali UK karena dia punya visa sendiri yang applynya juga beda). Central Europe semua udah di kunjungin kecuali Spanyol. Namun negara Skandinavia dan -stan country pecahan uni soviet (termasuk Russianya) belum pernah ditapak. Gue belum pernah ke Amerika baik itu USA atau Amerika Selatan satu satunya negara di Amerika yang pernah gue datengin adalah Mexico ke satu pulau namanya Cozumel. Dan tentunya Afrika dan Sub-sahara masih terlalu mahal dan gak ada kerjaan juga disananya ngapain.
Gue sekarang lagi nabung untuk Traveling ke Amerika Utara, rencana gue berangkat 2016. Di mulai dari Canada. Kalau di Asia sendiri gue agak malu mengakui kalau baru Singapura dan Malaysia saja negara asia tenggara yang pernah gue datengin. Pengen banget ke Thailand parah! Untuk Asia Utara dan Timur, Daerah Tiongkok seperti HK, Taiwan, dan Macau baru di jelajah dua tahun lalu.  Korea dan Jepang pengen banget kesana tapi belum ada tujuan juga ngapain tapi udah ada rencana pergi di tahun 2018 (buat ngejer jodoh aja apa ya?). Untuk daerah Oceana, hanya Australia dan Tasmania, pengen ke NZ sambil liatin tempat shooting LOTR tapi tiket ke NZ itu sama kaya ke Eropa jadi mikir dua kali dulu kalo mau planning trip ke NZ. Di tahun 2014-2016  gue ingin mengexplore Indonesia dulu, seperti rencana tahun ini ke Ambon, Mamuju, dan Kaimana musim kering ini, mungkin trip luar negeri baru gue mulai lagi di American Expedition.
2. Kalo traveling biasanya untuk keperluan apa sih?
  • Ikut bokap. Yes pure ikut bokap dan ikut kakek gue. Satu-satunya travelling sama temen itu ke Singapur 2012 untuk nonton F1 hehe. Itu menyenangkan. Kalau sendirian juga fundingnya masih dari bokap-nyokap. Tapi karena sering ikut bokap gue jadi masuk team bokap. Biasanya juga gue traveling buat diving, trekking, nonton konser, atau naek gunung. Biasanya ngikut bokap seterusnya gue pisah dan explore sendiri. “Lah emang bokap kerja apa?” he works for National Geographic <- explains everything. Gue pernah mikir sih kalau travelling untuk seneng-seneng, tapi gue bukan orang yang kaya gitu. Soalnya kaya abis seneng datang utang credit card. Sejak itu gue cuman mau ikut kalo di bayarin hehe atau minim budget. Gue bukan tipe orang yang hedon buang-buang duit biar seneng. I’m more like invest-for-future type of person. Sejak gue merasa udah cukup gede (dan punya malu untuk minta duit), gue pengen traveling pake duit sendiri atau bahkan dibayar untuk travel like my dad (i h8 yer job dad).
  • Ngabisin penasaran. Biasanya gue buat itinerary perjalanan solo yang sejalan dengan trip bokap terus suka ditanyain “udah ke xxx belum” atau dari selebaran dan majalah di airport.
3. Funding lo dari mana Al?
Mostly dibayarin kantor bokap atau nggak beli tiket add on lebih murah. Untuk perjalanan sendiri biasanya gue nabung sekitar 2 tahun untuk perjalanan internasional yang emang gue udah tuju. Sisanya dibayarin either bokap, kantor bokap, or anyone yang pengen gue pergi kesana.
4. Gaya travelling lo tuh gimana sih?
Koper then Backpack. Gue dateng ke suatu negara itu pasti pake koper lalu gue taro barang gue di rumah atau apartemen dan gue backpacking ke kota sebrang atau negara lain. Bukannya gue anti sama pure backpacking yang tidur di stasiun ato gereja, jalan-jalan dengan biaya minim, dan “yang penting pernah kesana” thing, cuman gue punya pengalaman buruk di India. Sebagai cewe gue gak bisa tidur sembarangan di lepas pantai, di stasiun, atau di airport semudah cowo. Cewe pergi jalan-jalan itu tabu buat mereka dan gak jarang di godain yang menjijikan. So gue sebelum berangkat akan memastikan dimana gue akan menginap.
5. Lah kok gitu Al?
Yes, gue biasanya selalu dateng ke negara yang ada keluarga gue. Yes i have so many family abroad. “Emang keluarga lo ngapain Al?”, diplomat, konjen, dan orang NGO/TNC <- explains everything. Jauh lebih murah. Kemaren gue ke HK cuman ngabisin 10 juta sendirian. Itu udah include gue sedikit childish maen ke Disneyland dan Ocean Park, trekking dari Tsim Tsa Sui sampai Tai O, dan gue internship ala ala di Konjen HK kerjaannya ngobrol sama TKI, menyenagkan sekali.
6. Tips untuk orang yang mau traveling juga apa ya Al?
Gue orangnya sangat organised, ga bisa tuh “gimana nanti”. Gue plan semua dari sebelum gue berangkat, H-1 kemana, H-2 kemana, gue buat dari awal sampai pulang. Itinerary harus dibuat jelas tapi pas dilapangan jadwalnya gak bisa di ikutin kita bisa ganti, misal harusnya pake jadwal hari ke-2 tapi karena ujan jadi pake yang hari ke-4. Ngerti gak? Ya pokoknya membuat diri gue secure, hey i’m a type A person! Jangan terlalu bergantung pada itinerary yang kalian buat juga. Arranging like this really helps you on arranging everything else in life.
Yang biasnaya gue lakukan adalah menentukan prakiraan gue akan pergi bulan berapa dan minggu keberapa. Dari sana gue akan liat harga jauh-jauh hari lalu booking 90-70 hari sebelum keberangkatan (internasional Eropa / Amerika) 60 hari sebelum (asia, asean), atau kadang tiba tiba suka ada promo via email dan paling maksimal itu 5-3 minggu sebelum keberangkatan untung banget kalo ada yang murah kaya waktu kemaren ke hongkong menang 3 juta pp pake garuda. Iseng-iseng aja cek fares pesawat, tapi harus udah punya tujuan pasti ya.
7. Kok gak pernah foto-foto? Kenapa gak pernah di publish
Gak suka kalo orang tau gue dimana karena: (1) suka dimintain oleh-oleh, (2) dari dulu emang kalo pergi gak pernah bilang ke siapa siapa kecuali yang emang perlu tau karena sebagai backup kalo kita kenapanapa selama di perjalanan. Jadi kemana mana juga gak pernah selfie gitu. Paling foto kaki sama gedung.
8. Yang paling gak mau dilakukan selama traveling adalah
tidur sembarangan. karena, haha tidak terima kasih.
9. Pengalaman paling menyenangkan
berenang di laut mati dan ambil sertifikat open water di Australia. Ah, ketemu bokap di Norwich.
10. pengalaman paling menyebalkan
rasisme di Skotlandia dan dianggap teroris di Inggris karena nyokap gue pake jilbab.
11. Hal yang paling dihindari ketika akan pergi travelling
Bawa barang gak penting kaya baju fashionista dan sepatu yang gak berguna (yang cuman buat fashion statement). Biasanya yang gue bawa untuk perjalanan seminggu adalah semua 2tshirt, semua baju dalam gue, 1 celana pendek untuk tidur, 1 celana pdl banyak kantongnya, 1 jeans dan 2 lekbong/tanktop.
12. Ada motto sebagai traveler?
Kalo pulang jangan ada ngutang.
Nah segini dulu deh ya yang general. Karena gue sedang bikin itinerary, lagi seneng nih nulis soal traveling. Buat yang mau tanya soal traveling lebih dalem, pengalaman menyenangkan dan menyebalkan, atau pertanyaan persiapan perjalanan sampai trips trik traveling either backpack atau koper just ask me on ask.fm and i’ll write on my blog, lagi pengen share banyak banget nih
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: