Solo Firstimer Traveler

Halo, jadi tadinya gue mau bales di ask.fm tapi kayany lebih asik kalo ditaro di blog. Jadi gue akan menekankan beberapa kata kunci yang kamu kasih yaitu: 1) Sendiri 2) Abis UN yang gue konklusikan bahwa kamu berumur antara 16 sampai 18 (karena gue gak tau abis UN tuh UN siapa, SMP apa SMA). Ada beberapa hal yang harus pertimbangkan sebelum pergi sendiri, apalagi kamu masih dibawah umur, mari kita asumsikan kamu berusia 17 tahun. Gue gak mau ngebahas anak-anak smp atau sma  yang jalan-jalan sama temennya dan funding dari ortu yang basically mereka udah kaya jadi gak perlu repot mikirin duit. Disini gue pengen ngasih tau repotnya.

Hal yang pertama kali kamu harus lakukan adalah menentukan satu dari dua detinasi; dalam negeri atau luar negeri. PIlihlah satu diantara dua tersebut, tidak perlu terlalu rinci sampai kota dan sebagainya. Ini adalah hal yang paling dasar.
Setelah kamu tentukan, kamu ukur seberapa besar kemampuan kamu. Kemampuan disini adalah baik nyali kamu untuk pergi sendirian sampai tingkat kemandirian kamu. Apakah kamu siap pergi sendiri tanpa orang tua dimana seluruh kalkulasi pengeluarkan ada di tangan kamu? Apa kamu anak manja yang harus naik taksi kemana-mana? Dari tahap kedua ini, kamu bisa tentuin kota atau negara apa yang kamu ingin tuju. Tahap ini juga bisa ngebantu kamu nentuin destinasi dalam atau luar negri.
Ketiga adalah pendanaan atau budgeting. Kamu pergi dengan uang siapa? Beruntung kalau kamu pake uang orang tua, tapi umumnya sih pake uang sendiri dan dapet doppingan dari orang tua 1 sampai 2 juta. Nah tahap ini bakalan nentuin bagaimana kamu jalan-jalan, koper atau ransel.
Setelah kamu dapat destinasi dan besaran pengeluaran kasar, kamu bisa membuat itinerary atau jadwal perjalanan. Dalam tahap ini, kamu harus banyak research tentang daerah wisata, jalur transportasi umum, penginapan sesuai budget, kafe dan tempat nongkrong asik, sampai tempat belanja. Ini adalah bagian favorit gue, karena nambah ilmu banget dan naikin excitement. Gak usah terlalu detil dalam pembuatan itinerary yang pasti ketika di lapangan kamu gak bakalan bisa ngelakuin sesuai dengan jadwal. Buat jadwal kamu agak fleksibel. Trik lain dalam membuat itinerary adalah ‘mencontek’ itinerary agensi perjalanan. Biasanya di mall menjelang libur naik kelas atau semesteran suka ada pameran perjalanan yang diikuti sama banyak travel agent. Nah kamu coba ambil brosur itu dan contek rute perjalanannya. Yang menyenangkan dari pergi sendiri adalah kamu bisa menentukan prioritas destinasi kamu. Oh ya satu lagi, semua yang DIY itu lebih baik, so stick to it. Maksudnya ketimbang kamu daftar tour Fantastik Hong Kong 4d 3n start from $560 itu, lebih baik kamu buat itinerary sendiri dengan mencontek ‘cara’ tour. Jauh lebih murah dan kamu bisa alokasikan waktu dan dana lebih baik.
Booking transportasi adalah hal yang paling penting. Gue biasanya beli tiket langsung pulang-pergi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti abis duit, gak dapet seat, atau kendala lainnya. Agak sedikit tricky bagian ini, untuk mendapat tiket murah, biasanya orang suka lebay booking empat bulan sebelum keberangkatan. Tapi sebenernya itu tergantung kemana destinasi kamu, pakai airline apa, dan di musim apa kamu berangkat. Untuk dari Jakarta sendiri, beli budget airline (tiger, air asia, dkk) ke luar negeri kadang cuman lebih murah seratus ribu ketimbang pake Garuda. Nanti dibahas di postingan Low Cost Airline or Priority Airline lebih lengkap.
Booking penginapan. Gue agak kurang berpengalaman soal ini, karena biasanya gue pergi sendiri ke suatu negara pasti ada keluarga gue. Tapi karena gue juga sedang membuat daftar perjalanan kunjungan ke negara yang gak ada keluarga, jadi gue lagi survey banyak hostel. Travloka.com adalah portal yang paling umum untuk mencari hotel atau hostel dalam negri. Terjamin kok, waktu itu gue di Bali booking hotel Ibis via Traveloka lancar dan bisa dipindah lokasikan vocher hotelnya (dengan rating harga sama tapi beda hotel dan masih di Traveloka). Pilihan hotel dan hostelnya juga banyak dengan berbagai variasi harga dan fasilitas. Untuk luar negeri biasanya gue liat di hostel.com, Agoda atau di Tripadvisor. Bukan untuk booking, melainkan untuk liat reviews, fasilitas, dan rate harga hotel. Yep! Ulasan dari traveler lain itu penting dan yang pasti jujur karena berdasar dari pengalaman mereka sendiri. Upayakan untuk membaca kolom ‘review’ terlebih dahulu sebelum memutuskan mau beli voucher untuk hotel yang mana. Keamanan hotel juga ikut dipertimbangin ya, karena kan kamu jalan sendirian. Kalo budget traveler biasanya memilih kamar tipe dorm (yang isinya 4, 6, 8, atau 12 mix atau female only dorm). Gak mau kan kamu ninggalin barang berharga dikamar terus ilang, ya walaupun gue sendiri belon pernah ngalamin. Tapi bagi kamu yang lebih suka sendiri, banyak juga kok hostel yang menyediakan fasititas private room baik kamar mandi luar atau dalam.
Setelah kamu punya electronic ticket, voucher hotel, dan itinerary bayangan yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah packing. Gue biasanya pergi dengan koper kecil yang muat sekiranya 20kg barang didalamnya, exclude ransel karena gue taro di kabin. Tapi kalau kamu ingin menghemat kamu bisa bawa koper yang kecil agar gausah bayar baggage (untuk cheap airline) karena bisa masuk kabin. Kalau kalian liat banyak bule atau orang indonesia yang traveler ala ala bawa rucksack (tas gunung yang berliter-liter) itu menurut gue agak nyusahin (MENURUT GUE). Tapi gak mengharamkan juga. Yang pasti piiihan tas kamu bergantung pada destinasi kamu. Waktu gue ke Nusa Tenggara bawa rucksack 60L kok tapi waktu ke singapur gue bawa koper. Ya duh, masa ke Nusa Tenggara bawa koper, y x d naek truk bawa koper. Bawa tas yang sekiranya akan memudahkan mobilitas kamu. Dan ingat kamu pergi sendiri, jadi bawa barang yang kamu bisa jaga, re: jangan banyak gaya. Barang apa yang musti dibawa? Ini bergantung dari berapa lama kamu pergi, basically 5d 4n atau 4d 3n. Ini kamu bisa atur sendiri. Yang paling penting adalah selalu membawa kotak ajaib. Bentuknya gak musti kotak secara fisik, ya bisa pouch ato apalah. Isinya perlengkapan mandi, sisir, deodoran, sabun muka, swiss knife, krim-krim-an dan segala bentuk parfum liquid lebih dari 100ml untuk di simpan dalam koper. Biasanya gue bawa adidas sport karena menghemat tempat, udah sabun + shampo +conditioner + sabun muka. hehe. Dan pouch satu lagi adalah untuk dibawa di dalam tas yang masuk di kabin. Isinya sikat gigi portable + odol kecil (biasanya Formula ngeluarin traveler pack sikat gigi +odol), pantyliner, pembalut, lipgloss, dan sunscreen yang udah kamu pindahin kedalam tube yang lebih kecil. Kalau untuk menghemat tempat kalian bisa google cara packing. Ada banyak cara, mulai dari pake yang penyedot udara, baju digulung-gulung, dan macem lainnya.
Jangan lupa siapin dokumen penting, apa lagi kalau pergi ke luar negeri. Paspor dan tiket pulang pergi harus disimpen baik-baik. Dari banyak tempat, rekomendasi gue untuk seumuran kamu pergi sendiri (atau sama temen) adalah:
  1. Bali: very common place, banyak hostel dan masih pake bahasa indonesia dan rupiah. Lebih mudah mengatur perjalanan karena kamu masih negrti semuanya dan populer juga. Kalau pergi sama orang tua mungkin susah ketempat club gitu-gitu kali ya. NIght life nya kurang. Bisa sewa mobil disini mulai dair 250 sampai 400k sehari.
  2. Yogyakarta: Banyak banget temen gue yang abis UN libur ke Yogya. Nah sebenernya banyak banget tempat tersembunyi di provinsi ini, apalagi kalau kalian explore ke daerah selatan. Banyak wisata alam yang gak mainstream kaya cave tubing dan cave diving.
  3. Bandung: easy and cheap. Apalagi deket sama Jakarta
  4. Semarang – Karimun Jawa: destinasi yang lumayan populer sekarang soalnya pantainya bersih dan ala ala maldives gitu lah. Tapi gue sendiri belum pernah ke Karimun Jawa
  5. Kepulauan Seribu : Ada banyak pulau yang bisa dipilih tapi karena luas pulaunya sempit jadi tujuan wisatanya cenderung monoton, biasnaya untuk lepas penat, gathering saik, bonding time, dan solitude seeker enak disini.
  6. Singapura: DOOH, kayanya semua orang udah pernah ke SG deh. Nah kali ini lo bisa explore bagian Singapura yang gak pernah sempet lo tengok. Bisa juga naik express terus ke Lego Land.
  7. Thailand: Gue belum pernah sih kesini, tapi kayanya asik juga backpacking bareng sahabat kesini. Apalagi harga di Thailand cukup affordable. Soon I’ll get there!
Untuk negara lainnya gue belum bisa kasih rekomendasi karena kamu bilang ini kan first time solo travelling. Tapi kembali lagi kepada budget kamu berapa. Kalau budget bukan masalah, maka banyak sekali negara dan kota yang bisa kamu kunjungi. Bisa search di google daftar kota yang ok buat solo traveler.
Pastinya, kemanapun kamu pergi yang harus diingat adalah: 1) Jangan nyusahin, 2) Jaga attitude selama berpergian, 3) Be open. Karena dengan berpetualang kamu akan membuka pengetahuan akan dunia yang tidak pernah diajarkan di sekolahan. Selamat berpetualang!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: